Mobile Legends

[mobile%20legends][bsummary]

Clash Of Clans

[coc][grids]

Kisah dan Inspirasi

[kisah kisah][bleft]

Seven Knights

[sevenknights][grids]

Mengganti Background Poto Menggunakan Adobe Photoshop

images

Poto diatas adalah salah satu hasil manipulasi digital mengganti background atau latar pada sebuah poto. “Sebenarnya apa sih keuntungan kita jika kita mampu mengubah background suatu gambar/ poto?”. Banyak sekali keuntungannya, kita bisa narsis yaitu dengan cara mengganti poto kita menjadi berada disuatu tempat yang indah (misal eropa atau lainnya) atau kita bisa menjadikan poto kita berpoto dengan artis atau orang terkenal (lagi musim ni), hehehe. Namun, teknik mengubah background pada suatu gambar biasanya dimanfaatkan oleh oknum jasa cetak poto digital. Mereka mengubah background poto para pelanggan menjadi merah atau biru. “Yap benar, teknik ini sering berguna edit poto resmi untuk keperluan sekolah ataupun kerja.

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi tutorial yang awalnya saya pelajari dari situs youtube. Jadi saya ingin berbagi bagaimana cara merubah background gambar atau poto dengan menggunakan Adobe Photoshop. Jadi anda harus dan wajib menginstal photoshop di PC/ Laptop anda jika ingin mengikuti tutorial ini.

Oke tampaknya saya banyak cingcong , hehe. Langsung saja saya melakukan percobaan mengubah background sebuah poto dari salah satu aktris holywood, yaitu Gemma Arterton. “Apakah anda mengenalnya?”. “Dia pemeran di film Hansel&Gretel dan Prince Persia”,aduh…gak penting sekali ya saya kasih tau, hehe. Baik sekarang kita fokus, berikut poto yang saya gunakan :

Gemma-Arterton-SUM_1854387b
  1. Buka aplikasi photoshop.
  2. Pilih menu File> Open dan pilih gambar yang mau diganti backgroundnya ( Cara cepat membuka file klik Ctrl+O).
  3. Kemudian tampilah seperti ini :

    Untitled-2
  4. Kemudian saya melakukan seleksi dengan menggunakan Quick selection tooldengan cara klik ikon “Quick selection tool” yang ada di tool panel sebelah kiri atau dengan cara klik “W” di keyboard.Untitled-2
  5. Lalu seleksi background dari poto tersebut sehingga menjadi seperti berikut.

    Untitled-3
  6. Kemudian saya lakukan inverse hasil seleksi dengan cara pilih menuSelect>Inverse atau dengan meng-klik tombol Ctrl+Shift+I secara bersamaan pada keyboard dan hasiln seleksinya menjadi seperti berikut.
    Untitled-2
  7. Langkah selanjutnya saya menggunkan fitur Refine Edge dengan cara pilih menu Select> Refine Edge atau bisa dengan meng-klik tombol Alt+Ctrl+R dan akan muncul jendela Refine Edge dan atur sebagai berikut.
    Untitled
    Pengaturan yan perlu diperhatikan dan dicatat ialah : Saya men-checklist Smart Radius, menambah nilai Radius dan Smooth,dan mengurangi nilai Shift Edge.Angka nilai diatas bukan sebagai patokan, itu sesuai selera pengedit.
  8. Kemudian klik Refine Radius Tool (lihat pada gambar yang di lingkari merah) dan seleksi poto kembali di rambut yang tidak terkena seleksi di awal dengan cara seperti menggunakan tool brush. Sebelumnya atur size Refine Radius (Lihat lingkar uning pada gambar). Hasilnya seperti berikut .

    Untitled
  9. Selanjutnya checklist Square-Checxbox Decontaminate Color dan ganti pilihanOutput to menjadi “New Layer with Layer Mask”. Langsung klik OK.

    Untitled
  10. Hasilnya akan menjadi seperti ini.
    Untitled
  11. Dengan menambah layer baru yang diberi warna gradasi dan sedikit tulisan, hasil akhir menjadi seperti ini :
change bg(gemma)

  1. Oke demikian percobaan kita menggunakan photoshop untuk mengganti background atau latar suatu poto. “Ingat…”Smua bisa karena mencoba”. “Tak ada orang yang lebih pintar dari yang lain, yang ada hanyalah orang yang lebih dahulu tahu”.


Tidak ada komentar:

Motor

[motor][twocolumns]