Mobile Legends

[mobile%20legends][bsummary]

Clash Of Clans

[coc][grids]

Kisah dan Inspirasi

[kisah kisah][bleft]

Seven Knights

[sevenknights][grids]

CB 150 R vs NVA (new Vixion Advance) : adu tampang dan adu cepat

Halo mas dan mbak gan, setelah lama tak bersua, akhirnya kembali ke dunia Blogging lagi, 2 motor ini memang merupakan termasuk pendulang pemasukan terbanyak untuk pabrikan Honda dan Yamaha, kelasnya untuk anak muda yang doyan tampilan sport, dan pastinya membuat penunggangnya naik level gantengnya hahahaha...

NVL (kiri) dan CB 150 R (kanan)

kalau dilihat dari tampilannya, CB 150 R semakin mirip ke NVL, tapi tentu perbedaan terbesar pada kerangka utama masing2 motor, yang NVL menggunakan Deltabox yang CB 150 R menggunakan diamond trust frame alias frame motor pada umumnya tetapi dengan bentuk dan ketahanan yang lebih bagus. tentu kalau mana yang lebih bagus masalah kerangka utama adalah Deltaboxnya NVL, lahh jelas semua perserta MOTO GP makenya frame itu hehehhe....

ubahan dan tampilan barunya XB 150 R terbaru meliputi bagian desain adalah bajunya yang benar-benar baru dan berbeda dengan generasi lamanya. Jika StreetFire versi lama terlihat ramping, maka Honda CB150R StreetFire generasi baru ini memiliki tubuh yang lebih berotot. Dari bagian muka, wajah New CB150R ini tampil dengan fascia lebih fresh dan meninggalkan muka ‘culun’ versi lamanya. Honda CB150R StreetFire mengusung desain head cover berbentuk V Shape, hampir mirip dengan desain batok lampu Sonic 150R namun dengan ukuran lampu lebih besar. Selain itu, ‘konde’ Honda CB150R StreetFire versi baru ini juga memiliki desain baru dengan aksen bertingkat. Wajah baru CB150R ini membuatnya terlihat lebih ganas dan agresif, ciri khas naked sport bike. Bergerak ke sisi samping, Honda pun mengubah tampilan tangki pada motor barunya ini. Sekilas, tangki baru pada Honda CB150R StreetFire ini condong lebih mirip ke tangki milik V-ixion Lightning. Tangki yang berukuran lebih besar dari versi lama itu berpadu dengan shrouds baru yang memiliki bentuk lebih runcing dan berkarakter. Shrouds atau air-flow pada Honda CB150R StreetFire pun memiliki dimensi yang lebih besar sehingga menutupi hampir separuh rangka tubular yang menjadi ciri khas dari CB150R StreetFire. Dari samping pula kita akan menemukan bentuk muffler baru yang terlihat lebih modern. Jika Honda CB150R StreetFire generasi lama identik dengan muffler pendek berbentuk bulat, maka versi barunya ini memiliki pipa buang yang lebih panjang dengan ujung persegi panjang. Terlihat aneh? Tidak. Justru itu memperkuat kesan berbeda pada motor baru Honda ini. Bagian buritan pada spesifikasi Honda CB150R StreetFire pun juga membawa nuansa baru. Jika dulu CB150R memiliki buntut ‘kalem’, maka kini versi barunya tampil dengan lampu lancip berpadu dengan handgrip runcing terpisah. Satu kata : sangar!

tampilan agresif CB 150 R terbaru
Tidak ketinggalan pada sektor dashboard dari spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini pun menampilkan perubahan yang begitu signifikan. Pada panel speedometer digital LCD monochrome ini terdapat dua klaster yang terlihat menyatu berbentuk trapesium terbalik. Klaster pertama pada panel dashboard Honda CB150R StreetFire memiliki bentuk memanjang yang ditempati oleh RPM meter digital, trip meter, penunjuk jam, serta indikator bahan bakar tersedia. Sedangkan di klaster lainnya yang terpisah dengan kluster pertama, terdapat penunjuk kecepatan dengan ukuran huruf besar. Bagian berikutnya dari dashboard Honda CB150R StreetFire di isi oleh indikator lampu, indikator gear netral, indikator mesin, indikator suhu mesin saat overheat, serta indikator lampu utama dan indikator lampu sein. Ubahan pada speifikasi Honda CB150R StreetFire pada bagian dashboard ini terhitung istimewa karena untuk motor sport kelas pemula jarang ada yang menggunakan panel full digital seperti itu.

Sedangkan spesifikasi Honda CB150R StreetFire pada bagian kaki-kakinya. Pada generasi kedua CB150R StreetFire ini, Honda menggunakan sepasang kaki baru. Ukuran ban pada Honda CB150R StreetFire ini memang terlihat lebih besar dari versi lamanya. Hal ini karena Honda menggunakan ban depan berukuran 100/80-17 52P dan ban belakang 130/70-17 62P. Meski diameter velgnya sama, namun ukuran tapak velg pada New Honda CB150R StreetFire ini lebih lebar. Sementara untuk urusan suspensi, Honda masih setia dengan suspensi teleskopik pada bagian depan. Sedangkan untuk spesifikasi Honda CB150R StreetFire pada bagian belakang, pabrikan asal Jepang itu menyematkan suspensi bersistem Pro-Link dengan lengan ayun suspensi tunggal (monoshock).

Terakhir, kita akan mengulas fitur-fitur dari spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini. All New CB150R StreetFire ini memang memiliki fitur-fitur sport bike kelas menengah yang maksimal untuk saat ini. Mulai dari Full Digital Spedometer dengan  tampilan futuristik dan sporty yang akan memberikan informasi lengkap serta fungsional. Lalu, Honda CB150R StreetFire juga dibekali dengan sistem penguncian New Auto Secure Key Shutter yang akan memberikan keamanan maksimal saat motor ditinggalkan dalam waktu yang lama. Sedangkan pada tangkinya, Honda CB150R StreetFire menggunakan tutup tangki model rata yang memberikan tampilan sporty dan modern. Urusan pencahayaan pun juga tak luput dari sentuhan teknologi Honda. Pencahayaan Honda CB150R StreetFire menggunakan lampu jenis LED yang menghasilkan cahaya terang maksimal. Sedangkan dari mesinnya, spesifikasi Honda CB150R StreetFire juga telah menggunakan teknologi mesin berstandar Euro2 dan Euro3. Itu artinya New CB150R StreetFire ini merupakan kendaraan ramah lingkungan dengan tingkat emisi yang rendah.

Perubahan NVL yang terbaru

untuk ubahan NVL yang terbaru yaitu NVL advance mungkin hanya ebrsifat minor tidak sebanyak CB 150 R, kali ini saya akan beri informasinya dari situs Yamaha langsung, karena kalau dari kaca amta pandang saya yang mencoba motor secara singkat, tidak terlihat Perbedaannya alias masih mirip2 dengan yang lama hehehehe...

silahkan  di klick gambarnya agar tampilannya lebih besar

Perubahan NVL yang terbaru

untuk detail perbedaanya antara NVL dengan NVA monggo dibaca keterangan singkat dari bawah ini

1. New Headlamp
Kita mulai dari bagian lampu depan jika sebelumnya di motor Vioxion lawas bagian lampunya berbentuk cenderung bulat. namun untuk New Vixion Advance bagian lampunva dibuat dengan bentuk yang lancip yang membuat motor ini terlihat garang dan terkesan tajam. Tidak hanya itu saja bagian da lam I am puny a juga sudah mengusung si stem kelistrikan DC dengan kata lain lampu di New Vixion Advance akan menyala ketika kunci kontak pa da posisi ON tidak seperti Vixion versi lawas yang hanya akan menyala jika mesin dihidupkan.

2. Bagian Sayap
Sebuah motor sport tentunya tidak akan terasa keren dan garang jika tidak ada sayap di kedua sisinya. sama halnya dengan Yamaha Vixion Adavance ini. motor ini memakai shround atau dengan dual layer dan desain tajam serta model bertumpuk berbeda dengan versi Vixion lawas yang memakai shround yang single layer dan desain polos. Selain itu tulisan Vixion pun hadir di sround tersebut dengan tulisan yang timbul layaknya sepeti emblem 3 dimensi. dengan perubahan di bagian sayap atau sround membuat New Yamaha Vixion Adavance lebih gagah dan tampilan yang ciamik seta keren.

3. Spakbor Belakang
Mungkin Yamaha melihat para konsumen yang banyak memodifikasi bagian spakbor belakang dibuat pendek dengan cara dipotong atau ada juga yang di hilangkan di motor Vixion versi sebeumnya. melihat fenomena tersebut pihak Yamaha pun menerapkan hal tersebut di New Yamaha Vixion Advance yang memiliki bagian spakbor belakang pendek berbeda dengan Vixion Lighting yang memiliki spakbor belakang lobar dan besar. Dengan begitu tampilan dari motor ini begitu eye catching dan juga enak untuk dipandang baik di depan dan di belakang.

New Vixion Advance

4. Bagian Tire Baru
Pada dasarnya antara motor Vixion dahulu seperti Vixion Lighting dengan Vixion Advance sama memiliki ukuran roda yang sama yaitu masing - masing 90/80 -17 M/C [46P) & 120/7-0- 17 M/C (58P). Tetap perbedaan yang bisa hams anda ketahui adalah Yamaha Vixion Advance sudah menggunakan stand art EURO 3 yaitu E4 UN-R75 yang dimana ban ini pada saat bergesekan dengan aspal tidak akan menimbulkan polusi bau dan juga NAO (Non Aromatic Oil).

5. Speedometer
Walaupun kebanyakan orang jarang mungkin melihat speedmetor hanya untuk melihat
seberapa cepat motor tersebut berjalan namun Yamaha tetap memberikan spedometer
baru untuk Yamaha Vixion Advance ini. Walaupun pada dasarnya fitur - fitur di dalam
speedometer masih sama namun perubahan seperti tulisan dan petunjuk RPM berubah
lebih jelas dan tajam bereda dengan Vixoin sebelumnya yang cenderung simpel dan
minimal is. Tipe speedometer dari Now Yamaha Vixoin Advance sendiri adalah UN-R39
EURO 3.

6. New Velg
Sama dengan bagian ban bagian velg juga hampir tidak ada perubahan yang cukup
signifikan antara Yamaha Vixion Advance dan juga dengan Vixion terdahulu masih
menggunakan velg 5 jari namun hanya ada satu perbedaan yaitu di bagian tengah terdapat lubang untuk versi Yamaha terbaru ini.

7. New Engine
Perubahan pun merambat dibagian mesin motor Yamaha terbaru ini jika sebelumnya di
versi Vixion Lightning memiliki kode mesin 1PA dan sekarang untuk Vixion Advance di beri kode 2Py selain itu blok mesin pun berbeda dari yang sebelumnya bahkan blok mesin Vixion Advance lebih mirip blok mesin Jupiter MX King 150. Namun tetap kecepatan dan performa dari Vixoin Advance berbeda dengan Jupiter. Yamaha Vixion Advance sendiri memiliki tenaga dikisaran 16,59 PS/8500 rpm dan torsi maksimum 14,5 Nm/7500 rpm,sedangkan Jupiter memiliki tenaga dikisaran 15,4 PS/8500 rpm serta torsi maksimum 13,9 Nm/7500 rpm. Untuk mesin barunya sendiri sudah mengadoposi standart emisi EURO 3 yang memiliki kecepatan 150cc,SHOC. 5 kecepatan. slinder tunggal. 4 cara dengan sistem pendingin berupa cairan.


Adu Performa

setelah adu tampang yang memang susah diumumkan siapa pemenangnya karena kalo menurut ane ya mas dan mbak gan semua, tampilan 2 motor tersebut emang ciamik dan sama2 kerennya hehe, untuk sekarang saya akan bandingkan performa 2 motor tersebut yang diambil dari situs Motorplus dan Otomotif.

Untuk mas dan mbak gan ketahui ada perbedaan alat yang digunakan Oleh MotorPlus dan Otomotif dalam mengukur variabel Performa. MPlus menggunakna Vericom VC3000 sedangkan Otomotif menggunakan alat yang sama persis dengan tmcblog yakni RaceLogic Performance Box  . . . Cekidot deh gans

untuk adu akselerasi :



Saat ditest Akselerasi 0-60 km/jam oleh Otomotif Honda New CB150R (4,1 detik)  bisa 0,4 detik lebih cepat bila dibandingkan dengan Yamaha Vixion Advance (4,5 detik)  gans




Nah kembali tmcblog hadirkan grafik yang belum ditambahkan di otomotif yakni Overtaking acceleration dari keadaan steady 60 km/jam ke 80 km/jam . . . angka ini biasa kita lakukan saat mau overtake/menyalip kendaraan di depan . . . hasilnya adalah Honda CB150R butuh waktu 3,5 detik sedangkan Yamaha Vixion advance butuh waktu yang lebih cepat 0,3 detik dibanding Honda CB150R yakni total 3,2 detik


Namun di akselerasi dari keadaan diam sampai ke kecepatan 100 km/jam Honda CB150R kembali 0,4 detik lebih cepatdari Yamaha Vixion Advance . .. memang bedanya tidak terlalu banyak


Dari data yang diukur Otomotif, maka akselersi yamaha Vixion Advance (6,2 detik)  saat digeber dari kondisi awal 80 km/jam ke 100 km/jam lebih lama 0,3 detik dibanding Honda CB150R (5,9 detik)


Nah dari grafik diatas terlihat untuk masalah Overtaking accelerastion ketika Rider nge-geber gas untuk naik dari 60 km/jam ke 100 km/jam ternyata baik New Vixion Advance dan Honda CB150R punya waktu yang sama yakni sama sama 9,4 detik


saat dicoba adu drag di lintasan 100 meter Yamaha Vixion hanya lebih lambat tifiiiisss 0,1 detik dibanding Honda CB150R



Jarak antara Yamaha Vixion Advance dan Honda CB150R kembali tetap berada di angka 0,1 detik ketika diadu drag sampai 201 meter neh gan . . . untuk di catat pada 201 meter ini topspeeed NVA adalah 94,9 km/jam sedangkan Honda CB150R di angka 92 km/jam .. .  wih bisa yah CB150R lebih cepat dengan Topspeed lebih rendah? ..  mungkin karena kencang di awal itu kali ya gan, secara tarikan awal CB 150 R emang nampol plus penggunaan panjang knalpot yang lebih pendek, jadi secara teori tarikannya pasti jos gandos hehe....


dan kembali ketika diadu drag 0-402 meter, Honda CB150R masih saja lebih cepat 0,1 detik dari Yamaha Vixion advance . . . beda tipis begete . . . kalo dilihat sama mata sih, asli 0,1 gak keliatan gan



top Speed yang tertera di panel SPeedometer OEM masing masing motor adalah : Honda CB150R berada di angka 130 km/jam dan Yamaha Vixion Advance di angka 127 km/jam



Top Speed yang tertera dilaporkan oleh Hasil pengukuran race Logic Performance Box yang berbasis GPS adalah : Honda CB150R berada di angka 117,2km/jam dan Yamaha Vixion Advance di angka 115,5 km/jam. Top Speed Honda CB150R sedikit lebih tinggi ( 1,7 km/jam ) dibanding New Vixion advance

Konsumsi Bahan Bakar

Nah  . . . Soal Konsumsi bahan bakar menurut pengukuran Otomotif, Honda CB150R (41,5 km/liter) lebih irit sekitar 4,4 km/liter  dibanding yamaha Vixion advance ( 37 km/liter). Sinyalemen atau Hipotesisnya adalah karena torsi dari Honda CB150R yang punya karakter sedikit lebih besar di rpm awal dan menengah dibandingkan dengan Yamaha Vixion Advance jadi Rider nggak perlu buka gas dalam dalam . . . atau dalam bahasa pasnya mungkin Honda CB150R pas buat Stop And Go . . . menurut otomotif sih beda tipis spek sperformance antara Honda CB150R dan Yamaha Vixion Advance, gimana menurutmu mas dan mbak gan semua... sudah jelaskan perbandingan 2 motor bertampang ganteng ini.... diluar adu irit ini, menurut simbah, karakter Rider juga sangat berpengaruh tentang hasil boros atau tidaknya motor... so silahkan dipilih, NVL bertampang Ganteng atau CB 150 R bertampang Manis.

Tampilan Ganteng Masing-Masing Motor

New CB 150 R dengan Brand Ambassador Barunya

CB 150 R standard tanpa tambahan aksesoris

NVA Jepret di jalan

Memang ganteng sangat neh NVA (aripitstp.com)

NVA versi Termahal

NVA versi Hitam Putih

Adu tampang dari depan

Gambar NVA dari warungnya  Pak Taufik
Semoga Kegalauan agan-agan agak hilang untuk menentukan pilihan 2 motor ganteng Ini, yang pasti punya 2 motor ini dijamin tidak menyesal, dan salut unutk honda meski terus dihajar oleh pabrikan garpu tala di segemen motorsport dalam segi penjualannya, tetapi mereka sangat inovatif memberikan perbaikan di performa maupun tampilan, jadi FBH (fan boy Honda) sekarang semakin bisa tersenyum melihat tampilan dan performa motor mereka, sedangkan panrikan Yamaha kudu hati-hati karena dulu munculnya Vixion di ranah motor sport untuk mengalahkan Jagoan kompetitornya yaitu honda tiger dari segi penampilan dan top speed, tidak menutup kemungkinan jika Yamaha masih santa-santai dengan kebesaran Vixion seriesnya, maka roda perputaran kekalahan Honda dengan Motor Tigernya yang legendaris dulu akan dirasakan Pabrikan Yamaha.... Salam dari Simbah

Tidak ada komentar:

Motor

[motor][twocolumns]