Mobile Legends

[mobile%20legends][bsummary]

Clash Of Clans

[coc][grids]

Kisah dan Inspirasi

[kisah kisah][bleft]

Seven Knights

[sevenknights][grids]

Test Ride Honda Sonic 150 cc


Test Ride: New Honda Sonic 150R

JAKARTA (DP) – Usai sudah kerinduan publik Indonesia akan produk sepeda motor “ayam jago” dari Honda. Diluncurkannya New Honda Sonic 150R oleh PT Astra Honda Motor (AHM) hari Rabu (5/8) lalu menjawab akan keinginan performa serta membuat kaum muda makin penasaran.
Bersamaan dengan acara peluncurannya, Dapurpacu.com mendapat kesempatan mencoba secara singkat kebolehan sepeda motor yang diklaim sebagai Light Sport yang kini bermesin 150 cc DOHC Liquid Cooled. Pengetesan disiapkan jalur khusus di area Parkir Barat Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.
Ketika duduk di jok pesaing langsung Suzuki Satria FU150 ini, posisi duduk cenderung menunduk khas sepeda motor “ayam jago” langsung terasa. Hal ini untuk mendukung karakter mengendarai produk yang memang berkarakter sporty ini.
Ketika kunci diputar ke posisi ON/Ignition, panel intrumen digital terlihat menyajikan informasi yang mudah terbaca seperti angka speedometer berukuran besar, tachometer model bar dan posisi gear transmisi, semuanya disajikan secara kompak.
Tanpa membuang waktu, kami pun langsung turun ke lintasan dengan memasukkan transmisi ke gear 1 yang ditemani lembutnya tuas kopling.
Respon mesin New Sonic yang sama persis dipakai pada All New Honda CB150R StreetFire ternyata cukup sopan untuk diajak melaju pelan, karena memang New Sonic dirancang untuk bisa dipakai sehari-hari di dalam kota. Meski begitu, ketika gas diputar lebih dalam, torsi 13,5 Nm ternyata juga sanggup memberi akselerasi kencang.
Di lintasan tes berbentuk oval dengan sejumlah tikungan zig-zag (chicane) sempit, kami bisa mencoba membuktikan performa mesin dan kelicahan manuvernya. Di tikungan panjang parabolik, New Sonic terbukti nyaman untuk diajak menikung rebah dengan kecepatan relatif tinggi. Adanya pasir di beberapa bagian tikungan sempat membuat kami lebih berhati-hati memacunya.
Keluar tikungan, lintasan lurus cukup panjang membuktikan keramahan tenaga mesin 150 cc pada chassis ramping New Sonic, yang juga masih bisa diajak bersenang-senang melaju kencang. Menuju chicane menjadi pembuktian kestabilan saat melakukan pengereman keras. Kemudahannya bermanuver di tikungan sempit beruntun menunjukkan kebolehannya sebagai daily commuter di perkotaan.
Dengan banderol harga Rp 20,9 juta (OTR Jakarta) berikutsejumlah fitur dan tampilan segarnya, New Sonic 150R telah menjadi ancaman serius bagi Satria FU150 yang selama ini melenggang sendiri di pasar tanpa kompetitor.[dp/Whr]
© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

Tidak ada komentar:

Motor

[motor][twocolumns]