Mobile Legends

[mobile%20legends][bsummary]

Clash Of Clans

[coc][grids]

Kisah dan Inspirasi

[kisah kisah][bleft]

Seven Knights

[sevenknights][grids]

me and my story - Antara Orang Tua, Cinta,dan Sahabat




Dering bel tanda berakhirnya jam pelajaran dan tanda kalau saat pulang membuat rasa kantuk yang dari tadi mengganggu konsentrasi belajar gua menghilang tiba tiba. Seperti biasanya, kami berdo'a bersama sebelum pulang, do'a yang tak terlalu ikhlas menurut gua, karena ketua kelas yang memimpin do'a seperti dikejar maling;
"berdoa mulai..!!
5 detik kemudian,
"berdo'a selesai..!!"
Entah apa yang diucapkan saat menundukkan kepala, mungkin hanya 1 kata; "aamiin.."

Dan sesuai rencana kami pas jam istirahat sebelumnya, gua, Andre, Ilham, Budi dan Toni siang ini ngumpul di rental PS didekat SMA kami. Dari dulu kami memang suka banget nongkrong disini, kadang juga kalo lagi bolos, seharian dari pagi kami disini, tentunya dengan uang hasil patungan, dan biasanya gua adalah anak yang paling sedikit ngumpulin duit, tapi teman teman ga pernah mempermasalahkan itu, karena mereka tau gimana kondisi kehidupan gua.
Siang ini, kami kembali ngumpul di rental PS ini, bukan bermaksud main game seperti biasanya, tapi untuk membicarakan rencana Andre.

"eh sempak kuda liar, lu beliin minum dulu gih, sekalian beli rokok.." perintah Andre pada Ilham yang dari tadi asyik ngupil.
"yaelah, gua mulu yang disuruh, noh yang mukanya paling jelek kek sesekali.." tunjuk Ilham pada Budi yang langsung pasang tampang murka bak Hanoman kalah perang.
"eh buset dah nih anak, minta tolong aja susah bener dah.." kata Andre cemberut.
"iye iye bawel, dah kek nenek gua aja lu, mana duitnya...?" Ilham akhirnya nyerah.
"neh, buruan, kite tungguin lu datang deh baru mulai ngomongin rencana tadi..." kata Andre sambil menyerahkan duit ke Ilham.

Tak lama, Ilham dah balik dengan membawa beberapa bungkus es teh. Sambil menikmati es teh dan rokok, Andre mulai bicara tentang rencananya;
"gini manteman, kitakan sama sama tau, kalo Adhit tuh naksir ma Suci, nah, gua punya rencana neh..."
"apaan ndre..?" tanya Toni serius, sementara gua cuma bisa diam ngeliat tingkah teman teman gank gua yang entah dengan alasan apa tiba tiba berubah jadi pahlawan kesiangan semua.
"dengerin baik baik, jangan sampe kelewatan satu katapun, gua sebenernya bukan ngajakin kalian bantuin si Adhit, karena kayaknya kita juga ga perlu bantu si Adhit, sebab menurut si Fina, kayaknya Suci juga nyimpen perasaan ama si Adhit. Nah, gua sekarang cuma mau kasih tantangan ma Adhit.."
"tantangan gimana..?" gua langsung bertanya.
"eh somplak, diem dulu..denger, gua kasih tantangan ke lu dhit, kalo lu berhasil jadian ma Suci, gua kasih lu duit Rp 100.000, dan gua lanjutin tantangannya, lu harus jadian terus ma Suci sampe lulusan SMA, tapi pas hari perpisahan, lu harus mutusin Suci, kalo lu berhasil, gua bayarin Rp 200.000.."
Mendengar omongan Andre, emosi gua langsung naik, sambil berdiri dan menarik kerah bajunya, gua ngomong setengah membentak;
"maksud lu apaan hah..?!!" lu kira perasaan gua bisa lu bayarin pake duit ??!! gua tau gua miskin ndre, tapi lu ga berhak menghina gua njeng...!!"
"sabar sabar dhit, lu dengerin gua dulu.." wajah Andre seperti tanpa dosa.
sementara Ilham, Budi dan Toni, dah siap siap kalau gua bakalan menghajar si Andre.
"apa lagi hah??!!, jelas jelas lu tadi ngomong gitu njeng, apaan coba maksudnya...?" sambil ngomong gitu, cengkraman tangan gua di kerah bajunya tetap ga gua lepasin.
"gini gini, lepasin dulu baju gua..." sambil berusaha melepaskan cengkraman gua, Andre menatap tajam ke arah gua.
"denger, gua bukannya ga tau kalo lu lagi butuh duit buat beli obat untuk Bapak lu yang lagi sakit, kemaren pas lagi jemput keponakan gua, gua ketemu ma adek lu, si Adi, dia cerita kalo Bapak lu lagi sakit, dan kalian ga bisa beli obat, karena ga ada orang yang nitipin cucian, sementara kalian juga gabisa jualan koran sementara ini, ya kan...?"

Mendengar kata kata Andre yang bawa bawa Bapak, gua langsung diam, perlahan gua lepasin cengkraman tangan gua.

"gimana ? biaya berobat Bapak lu ga sedikit, menurut Adi, buat 1 kali beli obatnya aja abis 30 ribuan kan ?" Andre menyambung ucapannya.

"tapi ga kayak gini juga caranya ndre.." Budi mencoba membantu gua yang memang ga bisa ngomong apa apa, gua memang paling rentan kalau sudah bicara masalah Bapak yang sejak 2 hari yang lalu mengeluh sakit kepala, yang memang suka kumat kalo Bapak terlalu lelah bekerja.

"lah, ga masalahkan ? Adhit jadian ma Suci, plus dapat duit buat bantu beli obat Bapaknya, ga perlu cape cape kerja..."

"tapi ndre, kenapa lu minta Adhit buat mutusin Suci kalo mereka masih jadian sampe lulusan nanti..?" tanya Toni sambil membuang puntung rokoknya.

"gua dah cari tau siapa Suci sebenernya, dia anak tunggal Direktur perusahaan ekspor - impor, sementara Ibunya, PNS golongan 3, sekarang jadi guru di SMP Negeri ** tuh, dia ga sesederhana yang kita kira, gua yakin dia diantar jemput pake motor tiap hari, itu karena ortunya takut anaknya diculik kalo ada penjahat yang tau dia anak orkay.." Andre menjelaskan tentang Suci, hal baru yang selama ini ga pernah gua tau.

"terus apa hubungannya dengan gua harus mutusin Suci kalo kita lulusan nanti..?" kali ini gua bicara tanpa emosi, sebenarnya gua dah tau kemana arah bicara Andre, tapi gua pengen tau, apakah alasan Andre sama dengan yang gua pikirkan.

"Dhit, sumpah, gua minta maaf sebelumnya, ga ada niat gua buat menghina kehidupan lu, tapi lu tau sendiri gimana orang orang kayak keluarganya Suci kan ? mana mungkin mereka setuju anaknya menjalin hubungan dengan orang orang kayak kita. Kalaupun lu nantinya bakal terus jadian sama Suci sampe kalian lulus SMA, paling paling setelah lulusan, si Suci bakal dikirim ke luar negeri untuk kuliah, dan lu bakal ditinggalin begitu aja, dan biasanya nih, orkay kayak gitu, udah jodohin anaknya sama relasi kerjanya... Gua cuma ga mau lu tersakiti dhit, sekarang mungkin lu lagi bahagia karena ketemu sama cewek yang bisa bikin lu semangat, tapi nanti, kemungkinan besar tuh cewek juga yang bakal menghancurkan hidup lu bro..." kata Andre panjang lebar.

Setelah diam beberapa saat, akhirnya gua bicara;
"terus menurut lu gimana ndre...?"

"gini dhit, seperti yang gua bilang tadi, lu ga pa pa jadian ma Suci, itu kalo emang si Fina ga bohong bilang Suci juga naksir ama lu, kalo lu berhasil jadian ma Suci, gua kasih lu duit 100 rebu, lumayankan buat beliin Bapak lu obat, dan tugas lu selanjutnya, tetap jadian ma Suci sampe kita lulusan, tapi pas perpisahan, lu harus putusin dia, dan setelah lu putus, gua bakal kasih duit 200 rebu, 3 tahun kan cukup lama buat lu cinta cintaan ama Suci dhit, dan setelah itu, sebelum Suci ninggalin lu, lu putusin dah, dan lu dapat duit lagi, gimana...? mau ga lu..??"

"tapi ndre...?" Jujur, gua mulai terpengaruh omongan Andre, tapi gua ragu apakah gua sanggup menjalani tantangan Andre.
"tapi apaan ?, udah lu jalanin aja dulu, gua yakin lu bisa dhit, karena apa yang gua omongin tadi, ga salah bro, lu tau sendiri kan gimana kebiasaan orkay di kota J ini..?" Andre kembali mencoba meyakinkan gua.
"berarti, gua harus tetap jadian ma Suci sampe lulusan...?"
"ga juga sih, kalo lu putus sebelum kita lulusan, berarti lu ga dapat duit 200 rebu.."
"gua pikir pikir dulu ndre..."
"mikir apa lagi, lu enak dhit, jadian sama Suci, dapat duit, terus pacaran ama dia ampe lulusan, tinggal lu putusin, terus lu dapat duit lagi, kita kita yang jadi saksi hidup deh, biar Andre ga melanggar perjanjian ini.." kali ini Ilham, yang memang suka memprovokatori orang ikutan bicara.
"hooh dhit, gua ma Budi siap deh jadi saksi, ya kan Bud..?" kata Toni.
"kalo gua sih ngikut aja, asal ntar ada traktiran.." kata Budi yang dari tadi menikmati rokok dengan gaya bak mafia kelas kakap.
"gua kasih lu waktu buat mikir sampe besok dhit, kalo lu berubah pikiran, besok pagi pagi segera kasih tau gua, sekarang kita bubar yuk, dah jam berapa ini.." kata Andre mengakhiri pembicaraan kami hari itu.

Tawaran Andre, seperti menghantui pikiran gua seharian, bahkan sampai mentari berganti rembulan, pikiran itu ga bisa hilang dari benak gua. Tapi, saat makan malam, Bapak tiba tiba mengeluh kepalanya kumat lagi, gua dan Adi cuma bisa menangis sambil memijat kepala dan tubuh Bapak yang terasa panas. Dan setelah memastikan Bapak dan Adi tertidur, gua putuskan untuk duduk diteras rumah kami yang sempit, pikiran gua berpindah pindah, dari bayangan Suci yang sangat cantik ketika tersenyum, wajah serius Andre saat bicara tentang tawarannya tadi, sampai ke raut wajah Bapak yang menahan rasa sakit. Gua benar benar bingung, antara memikirkan perasaan gua ke Suci, dan perasaan sedih gua ketika melihat Bapak yang terbaring lemah.
Seperti terjadi perang di pikiran gua, antara kubu perasaan cinta gua ke Suci, dengan perasaan cinta gua ke Bapak, dan akhirnya, setelah menghela nafas panjang, gua ambil keputusan terberat dalam hidup gua saat itu;
Gua akhirnya memilih untuk menerima tawaran Andre, karena bagi gua, kesehatan Bapak lebih utama saat ini, masalah hubungan gua ma Suci, kalau nantinya gua memang diterima oleh Suci, bisa gua pikirkan lagi sambil menjalani hubungan itu.
Setelah menetapkan hati, gua masuk kedalam kamar gua yang sempit, mengambil tas lusuh gua, mengeluarkan kertas dan pena, lalu mulai menulis.
Jam yang tergantung di dinding triplek kamar gua menunjukkan waktu kurang lebih pukul 3 dinihari, ketika gua akhirnya selesai menulis surat itu, tentunya setelah mengubah beberapa kalimat dalam surat gua, gua lipat surat itu dengan hati hati agar terlihat rapi, lalu gua masukin ke tas, besok rencananya sambil berangkat kesekolah, gua bakal beli amplop di warung fotocopy dekat sekolah gua.
Setalah yakin semua keperluan untuk sekolah besok sudah siap, gua akhirnya berbaring ditikar yang sudah mulai robek robek dibeberapa bagian, satu satunya alas tidur gua selama ini. Belum lagi sempat gua memejamkan mata, tiba tiba dari kamar Bapak, terdengar suara Bapak merintih kesakitan, setengah meloncat, gua langsung lari dan masuk kekamar bapak yang tak terlalu terang karena hanya ada lampu listrik 5 watt, dipembaringannya, Bapak sedang memegang kepalanya, sementara Adi yang menagis tersedu sedu, memeluk Bapak. Gua yang ga tau cara untuk meredakan rasa sakit yang Bapak alami, hanya bisa ikut memeluk tubuh Bapak yang terasa makin panas, airmata gua tak terbendung lagi.

"Tuhan, jangan ambil Bapak sekarang...Gua ga bisa hidup tanpa Bapak, cukup Ibu saja yang Kau panggil kembali pada Mu, gua ma Adi masih butuh kasih sayang Bapak, jangan Kau ambil Bapak dari kami ya Tuhan..." gua mencoba berdo'a disela sela tangis gua.

Sampai adzan subuh terdengar, Bapak masih saja terus merintih kesakitan. Akhirnya, dengan memberanikan diri, gua mendatangi rumah tetangga sebelah,seorang sopir bajaj, meminta bantuannya untuk membawa Bapak ke rumah sakit terdekat, Alhamdulillah, tetangga kami yang memang selalu membantu kami saat kami sedang kesusahan tersebut mau membantu, dan Bapak yang awalnya menolak untuk diantarkan ke rumah sakit karena takut tak bisa membayar biayanya, ditemani oleh Adi dan tetangga gua akhirnya berangkat menuju rumah sakit SB dengan menggunakan bajaj kepunyaan tentangga gua. Gua janji pada Bapak, sepulang sekolah nanti, gua akan segera menyusul Bapak ke rumah sakit.
Jam 6:30, Bapak berangkat ke rumah sakit, dan saat gua bersiap berangkat kesekolah, tentangga gua yang tadi mengantar Bapak ke rumah sakit tiba tiba datang kerumah gua, beliau meminta gua untuk mengambil KTP Bapak dan kartu keluarga kami untuk mengurus surat keterangan tidak mampu, karena menurut beliau, Bapak akan dapat keringanan biaya kalau ada surat keterangan tidak mampu dari ketua RT kami, karena kemungkinan Bapak terpaksa dirawat inap di rumah sakit tersebut.
Niat untuk berangkat sekolah terpaksa gua tunda, dan ternyata cukup sulit mencari dimana Bapak menyembunyikan KTP dan KK nya, gua terpaksa membongkar lemari pakaian dikamar Bapak, tapi ga ketemu, akhirnya KTP dan KK itu gua temukan dibawah kasur Bapak.
Setelah menyerahkan KTP dan KK itu ke tetangga gua yang menunggu didepan rumah dan tak lupa mengucapkan terimakasih atas bantuannya, gua segera buru buru mengunci pintu rumah, gua sempat melirik ke arah jam dinding di dalam rumah, sudah jam setengah 8 lewat, sementara kalo jalan kaki kesekolah, biasanya makan waktu hampir setengah jam, gua pasti telat lagi, bahkan kemungkinan terburuk adalah, pintu gerbang udah dikunci oleh satpam, dan itu berarti gua ga boleh masuk lagi, sementara kalau mau naik ojek atau angkot, gua punya duit lagi, didalam saku celana gua cuma ada uang 500 rupiah, itupun rencananya bakal gua beliin amplop untuk surat yang akan gua kasih ke Suci.
Mau tidak mau, untuk menghemat waktu, gua harus lari secepat yang gua bisa.
Pintu gerbang sekolah tinggal beberapa meter lagi, satpam sekolahpun terlihat sudah bersiap siap mengunci pintu gerbang yang sudah tertutup sebagian itu, gua yang dari rumah berlari sekuat tenaga, hampir kehabisan nafas, sementara pakaian gua udah basah oleh keringat. Tepat disaat satpam memasang gembok di gerbang, gua akhirnya berhasil sampai di depang gerbang sekolah.

"Pak pak..tungguuu, jangan dikunci dulu pak..!!!" dengan sisa tenaga yang mulai melemah, gua teriak.
"kamu lagi, kamu lagi..." sambil menggelengkan kepalanya, satpam yang usianya sekitar 30 tahunan tersebut urung menguncikan gembok, lalu membuka pintu gerbang.
"kamu ini tiap hari terlambat, apa kamu ga bosan dapat hukuman karena terlambat datang..?" tanyanya, sambil memasang tampang seram.
"maaf pak, saya tadi sibuk mengurus Bapak yang masuk rumah sakit.." jawabku sambil ngos ngosan.
"ya sudah, masuk sana, sudah jam berapa ini..."
"terima kasih pak..."
"lain kali kalau kamu terlambat lagi, saya ga akan bukain gerbang lagi.." Jawaban yang sudah berapa kali gua dengar dari satpam ini. Dan baiknya, tiap kali gua terlambat, walaupun pintu gerbang sudah dikunci, satpam berwajah mirip gatot kaca ini selalu membuka pintu gerbang.

Sambil mengatur nafas, dan menge-lap keringat diwajah gua, gua berjalan tergesa gesa menuju kelas, sesampainya didepan kelas tercinta, pintu kelas sudah tertutup, dan dari dalam terdengar anak anak sudah membaca do'a yang berarti Pak Hendra, guru agama kami, sudah ada didalam kelas, gua kumpulkan keberanian, sambil menunggu teman teman selesai membaca do'a pagi. Dan saat dari dalam kelas tak terdengar suara lagi, gua buka pintu dan melangkah masuk. Pandangan semua yang ada didalam kelas langsung tertuju ke arah gua.
Dari sekian banyak tatapan mata itu, tatapan Pak Hendra lah yang paling mengerikan, dia menatap ke arah gua kayak tatapan polisi yang menangkap basah maling ayam.

"permisi pak, maaf saya terlambat.." cuma itu kata kata yang mampu keluar dari mulut gua, sementara nafas gua masih saja ngos ngosan.
"jam berapa ini ? kamu ini telat kok jadi hobi sih dhit..?" pertanyaan Pak Hendra terdengar menyindir gua yang memang terkenal sebagai siswa yang paling rajin datang terlambat, dan gua lihat senyuman dibibir beberapa teman teman.
"maaf pak, saya salah.." gua menunduk, gua malu banget, apalagi, gua sempat melirik kearah Suci, yang dari tadi melihat ke arah gua, sama kayak anak anak yang lain, tatapan bernada kasihan terlihat dari matanya.
"saya ga minta kamu minta maaf, saya tanya ini jam berapa...?"
"jam 7:53 pak.." gua melirik ke arah jam dinding diatas papan tulis
"dan kamu tau artinya apa ? kamu dah telat pake banget..."
"iya pak, saya tau saya salah.."
"kalau kamu tau kamu salah, berarti kamu siap dihukum, sekarang kamu bersihkan dulu wc guru di kantor, setelah bersih baru kamu boleh ikut jam pelajaran saya.." tegas Pak Hendra memberikan hukuman yang biasa gua lakukan kalo telat.
"baik pak, boleh saya masukin tas ke laci saya dulu ?" karena ga mungkin gua bersihin wc sambil bawa tas.
"silahkan"
"terimakasih pak.." gua masukin tas gua ke dalam laci, lalu melangkah menuju pintu keluar.
"saya permisi pak..." sambil menutup pintu kelas, gua sempat melirik ke arah Suci, tapi dia ga memperhatikan gua.
"ya ya silahkan, besok besok jangan telat lagi ya.." kata Pak Hendra.

Sesampainya di WC guru, yang keadaannya hampir sama kayak WC murid, gua baru sadar kalo gua lupa beli amplop untuk surat tadi, selama membersihkan WC itu, gua mencari cara agar dapat amplop tersebut, dan memikirkan cara untuk mengirimkan surat itu.
Jawabannya, gua dapatkan ketika gua kumpul lagi dengan anak anak gank gua pas jam istirahat pertama, ditempat biasa, dibelakang perpustakaan.

"eh dhit, jadi gimana dengan tawaran gua kemaren..?" tanya Andre sambil memberikan sebatang rokok ke gua.
"gua terima tantangan lu ndre, tapi masalahnya, sekarang Bapak ada di rumah sakit, tadi pagi dianterin tentangga gua.."
"nah kok bisa dhit..?" tanya Ilham.
"iya semalem bapak ngeluh sakit kepala, jam 3 an pagi tadi, Bapak merintih kesakitan ampe subuh, jam 6 baru gua beraniin diri keluar rumah, terus kerumah tentangga gua yang biasa bantuin kami, minta tolong ma dia buat bawa Bapak ke rumah sakit.." gua jelasin apa yang terjadi semalem dan tadi pagi.
"jadi gimana keadaan Bapak lu sekarang..?" giliran Toni yang bertanya.
"gua lom tau ton, tapi kata tentangga gua, Bapak bakalan dirawat inap, tadi pas gua mau berangkat sekolah, dia balik lagi kerumah gua, ngambil KTP Bapak sama KK kami..."
"semoga Bapak lu cepat sembuh dan balik kerumah dhit.." kata Toni.
"aamiin" serempak gua, Andre, Ilham dan Budi mengaminkan ucapan Toni.
"gini deh dhit, ne gua punya duit 100 rebu, lu pake aja buat ngurus biaya Bapak lu di rumah sakit.." Andre berkata begitu sambil mengeluarkan 2 lembar uang 50 ribuan.
"tapi ndre, gua kan belum jadian ama Suci..?" tanya gua, bingung dengan tindakan Andre.
"ne duit ga ada hubungannya dengan tantangan itu, ne tulus gua ngasih sebagai sahabat lu, masalah tantangan, itu beda cerita lagi, sekarang yang penting gimana Bapak lu bisa dirawat di rumah sakit.." jelas Andre seperti orang dewasa.
Ya, Andre memang anak dari anggota DPR RI, jadi untuk maslah keuangan, dia memang ga pernah kekurangan, bahkan bisa dibilang berlimpah, tapi yang gua dengar dengar dari anak anak, Bapak Andre bukan wakil rakyat yang baik, dia salah satu anggota dewan yang sering tersangkut kasus korupsi, namun dengan uang yang dia punya, beberapa kali dia berhasil lolos dari jeratan hukum.

Gua terharu, jujur gua akui, dibalik sikap berandal teman teman gua ini, mereka menyimpan sisi baik dalam tiap tindakan mereka. Airmata gua dengan sukses menetes.

"ya elah, malah nangis, udah udah, tuh duit Andre lu ambil, ne gua tambahin 20 rebu, lumayan buat ongkos lu pulang trus ke rumah sakit, dan buat beli buah buahan buat Bapak .." Ilham mengulurkan uang 20 ribuan.

"iye dhit, sekarang, lu tinggal mikir gimana tantangan nya si Andre kemaren.." kata Toni, sambil mengambil rokok, entah udah habis berapa batang rokok tuh anak sejak tadi.

Gua terima duit dari Andre dan Ilham, lalu memasukkannya ke dalam saku celana gua.
"gua terima tantangan Andre, hari ini rencananya gua mau kirimin surat buat Suci, tapi gara gara terburu buru tadi, gua lupa beli amplop, dan gua juga ga tau caranya, gimana surat ini bisa nyampe ke Suci..."

"Hadeeeeh, kenapa ga bilang dari tadi pe'a..." kata Ilham sambil menjitak kepala gua,
"siniin suratnya, biar gua yang atur, pokoknya lu terima beres, surat itu gua pastikan akan sampai ke Suci dengan aman.." sambung Ilham.

Dengan ragu ragu, gua serahin surat gua yang emang gua bawa, dan dari tadi gua simpan di kantong baju gua.

"tapi janji dulu ham, jangan dibaca ya suratnya, gua malu sumpah..." sebenernya gua ga yakin Ilham menuruti perkataan gua, tapi gimana lagi.

"iye iye, tenang brooo, pokoknya lu terima beres dah..."

"ya udah, berarti kita tinggal tunggu jawaban dari Suci deh, sekarang kita masuk kelas yuk, 3 menit lagi bel pasti bunyi nih.." kata Andre sambil menunjukkan jam tangannya ke arah kami.

Dan sejak surat itu gua serahkan ke Ilham, pikiran gua makin gelisah, mana mikirin Bapak yang kini terbaring di rumah sakit, ditambah memikirkan jawaban dari Suci.

Dan hari itu, gua benar benar ga bisa fokus untuk belajar.

=================================================================

Part-Part

1.Setiap Awal Pasti Ada Akhir 
2.Kisah Kasih Disekolah
3.Kisah Kasih Disekolah bag-2
4.Pindah
5.Cinta Monyet
6.Antara Orang Tua, Cinta,dan Sahabat

Tidak ada komentar:

Motor

[motor][twocolumns]