Mobile Legends

[mobile%20legends][bsummary]

Clash Of Clans

[coc][grids]

Kisah dan Inspirasi

[kisah kisah][bleft]

Seven Knights

[sevenknights][grids]

mencari lowongan perkerjaan : gampang atau susah?

Siang siang gini simbah lagi baca Koran sambil nyeruput es degan bikinan mak ijah..yang memang jualan depan rumah gubug simbah…hemmm uenakkk binti suegerrr, setelah melihat berbagai berita criminal dan kasus korupsi yang sudah menjadi menu favorit di segala media nasional kita, simbah mendapatkan  judul yang lagi-lagi selalu menjadi masalah bagi lulusan sarjana maupun lulusan SMA yaitu “mencari lowongan pekerjaan….” Hemmm, tiap tahun artikel tentang motivasi, atau pembahasan dari para ahli yang berlomba-lomba mencari kesalahan pemerintah selalu menghiasai dan mengiringi judul tentang minimnya lowongan pekerjaan dan blab la bla… disini simbah tidak mau mencari manusia hitam “nggk bagus kalo pake kata k***ing hitam” tapi simbah mau sedikit mengusik tentang motivasi para pembaca agar melihat dari sudut lain tentang persepsi mencari pekerjaa.. monggo silahkan tulisan amburadul simbah dibawah ini…



Jangankan lulusan SMA bahkan para lulusan Sarjana dari berbagai universitas favorit dan non favorit banyak yang beralih statusnya menjadi PENGANGGURAN? Simbah sering banget denger ini, dan juga ngeliat temen-temen simbah terjerumus jadi salah satu dari ini. Ada lho orang yang kuliah s1 diatas 7 taon, dan banyak yang ngomong mereka gak berani lulus karena takut jadi pengangguran…kasian banget deh loe!
Ada beberapa temen simbah yang lulus udah setaon lebih (ini juga udah telat banget lulusnya) terus masih nganggur. Alasan sih berjuta-juta, dimulai dari:
1. Susah cari kerja, gak ada lowongan
2. Gak mau kerja sama orang
3.  Belon ada yang nawarin —- ini alasan paling ngehee!!
4. Gak ada yang cocok
5. dst…dst..
Hmmmmm…..ancur banget yah mentalitasnya?  Kalo ada orang ngeluh ke simbah tentang susahnya cari kerja, simbah langsung bales nanya “Emang sehari loe kirim lamaran berapa?” ..biasanya nih, mereka diem terus setelah berapa lama jawab diawali dengan.. “Tapi kan..bla..bla..bla” … Tapi!? Walah walah iki wong ko buanyak banget alasane yo….



Simbah sendiri sih ngeliat BANYAAK kerjaan di situs lowongan pekerjaan! Atau liat koran deh, selalu ada tuh bagian lowongan, gak pernah kosong setau simbah. Apalagi kompas pagi edisi wiken…wuih! Di bagian mananya sih yang bisa bikin orang-orang ngomong ga ada lowongan? itu baru perusahaan yang masang iklan, yang nggak? jangan dikira ini sedikit lho? buanyak!

Makin hari simbah makin melihat mentalitas “mau enaknya aja”, dalam arti emang gak mao kerja! kata-kata waktu masih di jaman SMA / kuliah yang bercanda-canda ngomong “ntar kalo udah jadi bos..” cuman berhenti di sekedar canda tawa doang..tiba-tiba jadi bos! . Dari temen-temen simbah, kebanyakan kerjaan itu nunggu dicariin bonyok-nya, atau berharap somehow ada yang nelpon…somehow iso nyogok dengan cara instan agar bisa masuk instansi pemerintah dengan mulus. Yang bikin parahnya lagi, somehow ini harus berasal dari perusahaan besar, kalo bisa multinational dan berdomisili di Kota besar seperti Jakarta, Surabaya,semarang dll…..walah dalahhhh? udah kirim lamaran belm bos? udah kriim berapa bos? ada lebih dari 100 kantor di situ! Udah follow up belon  CV sampean? belon kan? ke laut aja gih sono terus nyebur…hue hue hue…waduhh maaf simbah terlalu semangat orasinya…

hint: Jadi bos tuh gampang banget!! modal notaris, KTP, NPWP dan anda jadi direktur dalam beberapa minggu!!! cuman modal 5-7 juta!

Logika dasar kan semakin banyak seseorang ngirim CV, semakin besar kemungkinan CV itu mendarat di tempat yang tepat. Nyaris sama kaya nyebar brosur, hit rate dari kerja emang rendah…mungkin di bawah 5%. Berarti 100 kali ngelamar, mungkin cuman 5 renspons…itu juga kalo loe beruntung.  Cucu simbah cari kerja gak pernah lebih dari 3 bulan, dan CV gau gak bagus-bagus amat, itupun simbah kasih formatnya yang copas dari sodara simbah yang terkenal diinternet yaitu mbah google….kenapa cucu simbah bisa? karena cucu simbah CARI kerja…bukan nunggu di CARI ama kerjaan, lahhh iki Poine yo mas mbak pembaca sing guanteng dan cuantik polll.

Dulu jaman baru lulus cucu simbah selalu, sehari kirim 30 CV, sebagian besar pake internet karena kalo ngeprint mahal. 4 hari aja udah diatas 100!! itu cuman ngirim, sisanya tanya2 temen, mlaku mlaku ke kantor2,dan akhirnya DAPET!! gak susah kan? gak perlu pake otak malah!! jauh lebih gampang dari ngerjain kalkulus…. dan cucu simbah udah beberapa kali pindah kerja,,semua diawali dari resign duluan baru cari lagi…bukan karena udah dapet baru pindah!...tapi inget ojo melu cara cucu simbah ya, karena cucu simbah kal nggk dapet pekerjaan pasti simbah subsidi makanny…. Bagi para mas dan para mbak yang sampun berkeluarga mohon lebih bijak lagi, missal keadaan kantornya sudah nggk cocok karena kerja rodi tapi gaji merugi ya monggo cari cari peluang ditempat lain diem-diem… sabar dulu kan wong sabar disayang tuhan… lah kal simas dan simbak lgsg resign aj lahhh teross anak sama anggota keluarga yang butuh makan dan minum dari duite gaji sampean gimana….. nah inilah yang disebut cara BIJAK…lahhh carane pripun mbah kal interviewnya waktu jam kerja…yo coba dilobi ke hrdnya bisa nggk interviewnya setelah jam kerja atau hari sabtu yang biasanya beberapa kantor ada yang masuk juga… tapi kal nggk bisa coba manaatin waktu2 istirahat kerja…kal nggk bisa lagi yo monggo pura2 sakit atau ambil jarah cuti yang masih ada… kal nggk bisa lagi….wahhh kal gini sih kakeannn alesann” kebayakan alesan”… inget banyak jalan menuju roma, tapi jalan itu bagi orang yang betul dan sungguh sungguh mau jalan…artine jalan itu bagi orang yang niat sungguh sungguh mau ke roma dengan mencari jalannya… lah kal nggk niat yo meneng ae…alias meneng ae…sampek kiamat yo nggk sampe ke roma….

contoh tekad baja orang ini


Mentalitas mau enak-nya ini yang simbah gak ada simpatiknya sama sekali…malah kadang-kadang udah dicariin, udah di set-up..malah gak dateng interview dengan alasan “KAYAKNYA gak cocok deh!” …berarti situ mikir lebih cocok jadi pengangguran yah? enjoy jadi pengangguran dehhh!
Sempet ada juga di Amrik, temen cucu simbah cari kerja karena udah nganggur lama….cucu simbah tawarin kerjaan dan udah cucu simbah set-up ke HRD “eh ini ada kerjaan, rada berbeda sih tapi it will keep you going for a while…the money is good” syarat? dia mesti pindah ke kota yang baru..99% diterima!..gak diambil karena? TAKUT PINDAH! hmmmm… Ada lagi anaknya tetangga  bermimpi jadi bintang Film dan bukan sinetron…tapi simbah berhasil aturin audisi untuk acara TV….malah males-malesan.
Ada juga yang langsung ambil S2 setelah lulus S1…untuk beberapa mata kuliah sih masuk akal, tapi untuk manajemen? hmmm…kalo gak pernah kerja emang ngerti gitu pelajaranya? alasanya paling umum “biar gampang dapet kerja” tapi simptom paling umum ya karena mereja takut cari kerja treus ambil master,,kemudian karena gak banyak yang membutuhkan master tanpa pengalaman kerja, pada akhirnya nganggur juga! Ambil kerjaan S1? GENGSI BOS!! hmmmm…. Kalo dipikir dari sudut pandang employer, meng-hire s2 dengan gaji s2 tanpa pengalaman kerja dibandingkan s1 dengan gaji s1 tanpa pengalaman juga..mending mana? kecuali kalo si S2 mau digaji setara dengan S1..tapi dasar mentalitas temen-temen simbah nih ya?…mereka tersinggung kalo ditawarin gaji sub 5 juta!,,,
Pada gak mikir apa tiap tahun nganggur berarti bertambah saingan ribuan fresh-graduate! mau sampe kapan CV kosong? (CV kosong ini juga sering banget jadi alasan “semua lowongan butuh pengalaman!”)
Semakin berkurang lulusan kota besar yang berani nyebur dulu baru liat di depan ada apaan..terutama dari sekolah swasta yang premium..pengennya semua udah disediain buat mereka! Kebanyakan yang dapet kerja malah orang luar daerah..kenapa? Karena mereka datang ke kota besar dengan mentalitas CARI kerja dan BERJUANG, dan saingan lokal bisa dianggap mundur dari pertarungan itu… Semoga ini gak berlangung lama, males juga kalo angkatan simbah  dan dibawah simbah jadi angkatan manja..

Susah cari kerja? nggak lahhh…. Coba praktikan apa yang simbah omongin diatas…tapi jgn lupa doa y…. Insya Allah lapangan kerja pasti dating….
Wong gengsi…… bakal sangsi
Wong males …….bakal lemes masa depane
Wong kebanyakan alesann….. bakal nggk bisa mangan….
Hayooooo semangaddd…… USAHA = gagal, USAHA lagi = gagal lagi, USAHA lagi lagi = gagal lagi dan lagi = Dapat pengalaman kegagalan.
Pengalaman kegagalan + Perbaikan + USAHA = KEBERHASILAN …. Coba dulu yo


Wahhhh nggk terasa es degan simbah sudah habis… ya sudah simbah mau masuk rumah mau sare “tidur dulu” semoga bermanfaat injehhh tulisan simbah ini…. wassalam

Tidak ada komentar:

Motor

[motor][twocolumns]